Jumat, 18 Oktober 2024

Porting Silinder Head 4 Tak

    Porting silinder head merujuk pada memodifikasi saluran intake dan saluran exhaust dalam sebuah mesin dengan tujuan untuk meningkatkan flow udara. Pada silinder head standar pabrikan, silinder head telah dirancang untuk mendapatkan konsumsi bahan bakar irit dan durabilitas tinggi sehingga kurang cocok untuk performa dan race. 


Bentuk Porting


    Saat memporting silinder head, desain arah saluran yang awalnya melengkung dibuat selurus mungkin sehingga udara dapat mengalir dengan lancar. Hal ini disebut dengan downdraft. Mekanik biasanya akan mengelas silinder head (tambah daging) atau biasanya disebut intake kotak. Hal ini bertujuan agar jalur intake bisa dibuat selurus mungkin dan tidak bolong saat diporting menggunakan tuner. Selain itu, leher intake juga akan dibuat lurus. Biasanya orang-orang menyebutnya dengan intake downdraft.

Ukuran Porting
    Ukuran porting erat kaitannya dengan RPM dan Peak Power. Semakin besar ukuran porting, maka peak power akan bergeser ke rentang RPM yang lebih tinggi. Untuk mencari ukuran porting, terlebih dahulu kita harus menentukan di RPM berapa peak power yang kita inginkan. Setelah menentukan RPM, kita akan mencari piston speed. Contoh pada motor jupiter z dengan piston 55,25mm, stroke/langkah standar (54mm), dan peak power yang diinginkan di 10.000rpm. Maka piston speednya adalah:

    2 × (Stroke / 1000) × (RPM / 60)
    = 2 × (54 / 1.000) × (10.000 / 60)
    = 2 × 0,054 × 166,66
    = 18 m/s

Setelah mendapatkan angka piston speed, kita dapat mencari ukuran porting in yaitu dengan rumus:

    (√(Bore / 1000) × (Bore / 1000) × Piston Speed) × 100

    = (√(55,25 / 1000) × (55,25 / 1000) × 18) × 100
    = (√0,05525 × 0,05525 × 18) × 100
    0,23440589796 × 100
    = 23,44 mm

dan untuk porting ex didapatkan dengan menggunakan rumus:

    Porting In × 85%

    = 23,44 × 85%
    = 19,92 mm

    Diameter klep standar Jupiter Z adalah 23/20. Untuk menggunakan rumus porting diatas, maka klep harus diperbesar. Untuk menentukan ukuran klep, maka bisa dengan menggunakan rumus:

    Klep In = Porting In / 85%
                 = 23,44 / 85%
                 = 27,57 mm (dibulatkan menjadi 27 mm)

    Klep Ex = Porting Ex / 85%
                  = 19,92 / 85%
                  = 23,43 (dibulatkan menjadi 23 mm)

Jadi dengan spek piston 55,25 mm dan stroke 54 mm serta peak power yang diinginkan di 10.000 rpm, didapatkan perhitungan porting silinder head yaitu:
  • Diameter Klep In : 27 mm
  • Diameter Klep Ex : 23 mm
  • Diameter Porting In : 23,44 mm
  • Diameter Porting Ex : 19,92 mm

Jika teman-teman sekalian mengalami kesulitan dalam perhitungan, saya telah menyediakan kalkulator silinder head yang dapat digunakan semua orang secara gratis. Klik link di bawah ini untuk membuka kalkulator.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Porting Silinder Head 4 Tak

     Porting silinder head merujuk pada memodifikasi saluran intake dan saluran exhaust dalam sebuah mesin dengan tujuan untuk meningkatkan ...